Mengapa Banyak yang Memilih Bekerja


Mengapa Banyak yang Memilih Bekerja Daripada jadi Pengusaha
Itulah yang dia tulis. Berikut saya copy paste tulisan tersebut.
Disini penulis ingin coba menelaah dan menyadarkan mengapa banyak rakyat Indonesia yg memilih bekerja ketimbang jadi pengusaha.
Bagaimana pola hidup rakyat Indonesia pada umumnya? yang ane liat sih begini
SD->SMP->SMA->Kuliah->Kerja->Nikah…
Ane bingung,banyak orang mampu kuliah di PTN ternama dengan biaya puluhan juta rupiah,tapi saat lulus kerjaanya hanya beli koran buat buka rubrik lowongan kerja,atau buka www.J*bsDB.com. Padahal kalo uang kuliah nya dipake buat buka usaha,mungkin usahanya udah maju pesat.
ane coba kupas beberapa alasan umumnynya :
1. Tidak tau Usaha apa Yang Harus Dibuka.
Tidak tau usaha apa yang harus dibuka
Caranya gini, jalan2 keluar,tulis 50 usaha yg ada di sekitar ente ke kertas( yg masuk dengan modal ente aja),gulung2 terus dikocok.
Nah,apa yg keluar itulah usaha ente yg cocok.

Pilihlah jenis usaha yg GAK ADA KAITANNYA dengan keahlian ente.contoh ente anak IT,jangan buka usaha komputer,buka yg laen.
alesannya kalau ente buka usaha yg bidangnya anda sukai,anda akan cenderung stuck dan tidak membuka mata ke peluang dan wawasan ke bidang yg lain.

2. Tidak Punya Modal
Tidak Punya modal, ini adalah alasan klasik sejuta umat yg paling sering menghalangi seseorang buat jadi pengusaha.Jumlah modal ini juga sebenarnya terkait dengan usaha apa yg mau dibuka.
Ane punya cerita dikit nih,ada temen ane namanya marwan, yg pengen punya usaha jualan kios martabak pakai stand kaca gitu,rencanya pingin jualan di pinggir2 indomaret or alfamart gitu.saya bilang “bagus itu,mulai saja besok kita sewa tempat dan bikin gerobaknya”,analisis usaha dan proyeksi untung nya juga udah mantep,ditargetkan profit 2,3juta/bulan.dia perlu modal kira2 10jt.lalu dia bengong,sambil mikir “10 juta ane dapat dari mana mas?duit di dompet aja cuma goceng?”Karena alesan2 itulah dia selalu menunda2 niat nya sampe hari ini.
Suatu hari ada kabar buruk menimpa keluarganya,ibunya sakit keras dan butuh biaya 12.5jt untuk keperluan operasi,kalau tidak nyawanya dikawatirkan tidak selamat.Kalang kabut,tentu saja dia pusing setengah mati,mana ayahnya pun cuma PNS golongan IIA.Namun ane lihat usahanya keras,jauh lebih keras dari pada keinginannya untuk buka usaha martabak tadi.Gak nyangka,dalam waktu 8 hari,dia berhasil ngumpulin duit 14 juta,hasil dari jual motor,jual hape,jual cincin mas kimpoi,pinjem tetangga, ngutang sama temen2nya, bapaknya minjem ke koperasi tmpat dia kerja.dan gak pernah terpikirkan bagaimana cara melunasi hutangnya nanti.
Well akhirnnya ibunya selamat dan baik2 saja dan saat ini hutangnya udah lunas tuh.
Inti dari cerita ane adalah : percayalah,usaha ente untuk mengumpulkan modal saat ini MASIH JAUH DARI MAKSIMAL.
3. Tidak Punya Bakat Usaha
Tidak punya bakat usaha
“Ane kan bukan orang cina,jadi susah kalo mau buka usaha.” —>hehehe,,alesan klasik..

” Ah bapak ane gak ada bakat usaha,jadi ane juga gak kan bisa”—>Nyalahin kok nyalahin bapak mu,kalo ente gak jadi pengusaha ntar anak ente juga bakal bilang gitu ke ente..
” Ah,bapak ane juga pengusaha,tapi kok gak kaya2?”—>Kesuksesan pengusaha bukan dari kaya ato miskin bung, tapi dari seberapa banyak orang yang bisa kamu hidupi dari usaha kamu.kalo gak mau kaya bapak mu ya jangan ikuti caranya lah.
ya paradigma kayak gini yg ikut serta menghalangi niatan anda,KESUKSESAN itu gak SARA bung,gak pilih2 kok asal mau usaha.